Live Streaming MotoGP 2024.Tonton➡️

Search Suggest

Pengaspalan Ulang Di Sirkuit Mandalika Tetap Sesuai Prosedur, Meski Waktu Sangat Mepet



GPNEWSINFO - Sirkuit kebanggan Indonesia, Pertamina Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tengah diaspal ulang di sejumlah titik. Meski waktu pengerjaan ini sangat mepet dengan jadwal Pertamina Grand Prix of Indonesia (18-20 Maret) mendatang, pihak kontraktor tetap melakukan pengaspalan ulang secara teliti dan hati-hati supaya hasilnya maksimal.
Sirkuit Mandalika sedang diaspal ulang di beberapa titik, tepatnya mulai sebelum tikungan 17 (T17) hingga setelah tikungan 5 atau T5. Keputusan tersebut diambil setelah beberapa pembalap MotoGP mengeluhkan aspal Sirkuit Mandalika terkelupas di beberapa titik tersebut.

Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) sebagai salah satu kontraktor Sirkuit Mandalika berupaya memperbaiki aspal sirkuit ini dengan cara-cara yang benar serta tidak tergoda untuk melakukan pekerjaan krusial ini secara buru-buru kendati dikejar waktu.



Seperti diungkapkan General Manager RMI Simon Gardini, dalam wawancaranya bersama MotoGP, pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika melibatkan banyak ahli terkemuka di bidang motorsport. Salah satunya adalah perusahaan konstruksi bernama R3, yang terkenal di bidang perkerasan trek balap.

"Jadi mereka bergabung dengan tim di sini untuk mengawasi itu bersama orang-orang yang ahli dalam pavement laying dari (perusahaan) Topcon. Keahlian mereka adalah memastikan ketika permukaan itu turun, memiliki semua level yang tepat, geometri yang tepat untuk lintasan, camber yang tepat, drainase yang tepat," kata Simon.

Simon menyadari waktu empat minggu merupakan waktu yang sangat singkat untuk melakukan pengaspalan ulang suatu sirkuit. Meski begitu, pengerjaan tersebut tetap harus dilakukan secara benar sesuai dengan prosedur.

"Ini waktu yang singkat, saya tidak yakin banyak trek telah mencoba untuk memulai ini dalam waktu yang singkat. Dan itu 1,6 km dari trek, itu bukan apa-apa, itu sepertiga dari trek. Godaannya tentu saja adalah terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan ini, tetapi sekali lagi, dengan bimbingan para ahli, terutama dari R3, di mana saya ingin melihat mereka turun dengan cepat, mereka telah menjalankan tes yang tepat, memastikan semuanya dilakukan dengan cara yang benar, serta maksimal untuk memenuhi kebutuhan sirkuit kelas dunia," sambungnya.



Sebelumnya, kontraktor lokal pembangunan Sirkuit Mandalika, PT PP (Pembangunan Perumahan), menargetkan pengaspalan ulang ini bakal kelar seminggu sebelum perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Pengaspalan ulang ini ditargetkan rampung pada 10 Maret 2022. Artinya, kita masih ada waktu sekitar 6 hari lagi untuk mencapai target tersebut.

Posting Komentar