Live Streaming MotoGP 2024.Tonton➡️

Search Suggest

Ini Dia 3 Keunggulan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Sepang, Nomor 1 Dikelilingi Pemandangan Indah



GPNEWSINFO - Ini dia 3 keunggulan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Sepang menarik untuk dikulik. Sebab, Sirkuit Mandalika dan Sirkuit Sepang sendiri terpilih menjadi area tes pramusim MotoGP 2022.


Tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, digelar lebih dahulu. Tepatnya, tes di sana digelar pada akhir pekan lalu, 5-6 Februari 2022. Sebelumnya, ada Shakedown Test yang digelar khusus untuk para pembalap rookie MotoGP.

Sementara itu, tes di Sirkuit Mandalika, Indonesia, akan digelar pada akhir pekan ini. Tepatnya, tes akan berlangsung selama 3 hari, mulai Jumat 11 Februari hingga Minggu 13 Februari.

Kini para pembalap pun sudah tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Marc Marquez dkk tampak antusias menjajal Sirkuit Mandalik untuk pertama kalinya. Sebelum melihat aksi Marc Marquez dkk dalam tes pramusim, mari menilik 3 keunggulan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Sepang.

3. Sirkuit Jalan Raya



Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika berkonsep jalan raya. Meski berkonsep sirkuit jalan raya, Sirkuit Mandalika sangat mirip dengan trek permanen. Sirkuit Mandalika pun dijamin menjadi trek yang paling aman karena banyak faktor yang mendukungnya.

Hal inilah yang menjadi kelebihan dari Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Sepang. Sebab, Sirkuit Sepang diketahui adalah sirkuit permanen dan hanya buka saat balapan digelar. Sementara Sirkuit Mandalika berbeda, trek didesain menjadi sirkuit jalan raya yang bisa difungsikan untuk jalur wisata jika balapan tidak digelar

2. Aspal



Kelebihan lain adalah aspal. Sirkuit Mandalika digadang-gadang memiliki aspal yang jauh lebih baik dari Sirkuit Sepang.

Sebab, pada proses pembuatannya, trek Mandalika menggunakan teknologi aspal terbaru, yakni Stone Mastic Asphalt (SMA) yang membuat kualitasnya menjadi yang terbaik. Hal ini pun sudah diuji oleh para pembalap World Superbike yang tampak senang membalap di sana pada tahun lalu.

1. Dikelilingi Pemandangan Indah



Terakhir, kelebihan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Sepang adalah pemandang indah di sekeliling trek. Ya, lokasi Sirkuit Mandalika diketahui berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini membuat Sirkuit Mandalika menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Sebab, sirkuit dibangun di pinggir pantai. Di sana, juga ada Pantai Kuta dan Tanjung Aan yang berada di dekat Sirkuit Mandalika.



Sementara untuk Sirkuit Sepang sendiri, Malaysia membangunnya di daerah Sepang, Selangor. Sirkuit ini memiliki jarak kurang lebih 45 km dari Kuala Lumpur.

Sirkuit tersebut memiliki pemandangan yang indah, namun mungkin tak sehebat panorama perbukitan dan laut seperti yang ada di Sirkuit Mandalika. Jadi, inilah yang akan memanjaka para pembalap MotoGP.

Posting Komentar